AWUK-AWUK MUTIARA

Saat ada arisan PKK di tetangga sebelah rumahku, salah satu sajiannya makanan ini, awuk-awuk mutiara. Rasanya enak... apalagi aku udah lama banget ga makan awuk-awuk. Pulangnya, aku dibawain banyak makanan ini sama tetanggaku itu. Sempat khawatir juga waktu itu... khawatir ga kemakan :(
Karena jajan pasar ini kan ga tahan lama, sementara aku ga tahu apa anak-anakku suka makanan berbahan dasar sagu mutiara ini. Tapi ketika aku bawa pulang, dan anak-anakku mencicipinya, eeeh... ternyata mereka suka banget :D Bahkan anak ragilku minta, kapan-kapan bikin kayak gini ya mi... Wkwkkk...
Akhirnya aku 'kursus privat' dech sama tetangga, biar aku bisa bikin sendiri :)

Awuk-awuk Mutiara
Awuk-awuk Mutiara
Bahan Awuk-awuk Mutiara :
250 gr sagu mutiara, rendam air kurleb 15 menit, tiriskan
1/2 butir kelapa agak muda, parut panjang
100 ml air
100 gr gula pasir (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
Garam secukupnya
Daun pisang, daun pandan secukupnya

Cara membuat Awuk-awuk Mutiara :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan mutiara yang telah ditiriskan tadi. Aduk-aduk hingga air mendidih kembali. Angkat.
2. Masukkan kelapa parut, gula dan garam ke dalam panci mutiara tadi, aduk hingga rata. Bila ingin lebih nikmat lagi, campurkan juga nangka yang telah dipotong kecil-kecil (bila ada).
3.Ambil daun pisang, beri potongan daun pandan dan 2 sendok makan adonan mutiara. Bungkus bentuk segitiga.
4. Kukus kurleb 30 menit.


Kalo ga ada daun pisang gimana dong? Ga masalah kok... Pake aja cetakan, seperti gambar di atas nich... ini awuk-awuk versi kehabisan daun, wkwkkk... Aku tambahkan sedikit tepung tapioka pada adonan, aduk rata. Jangan lupa ya... sebelum adonan awuk-awuknya dimasukkan ke cetakan, olesi dulu cetakannya dengan minyak goreng, biar ga lengket.
Jadi... kapan bunda sista mau mencoba awuk-awuk mutiara ini...??!

1 comments:

Vix alexa mengatakan...

Makasih ya resep nya, aku mau coba buat deh :)

Download film online

Posting Komentar