Chocolate Ice Cream

Dah lama aku pengen nyoba bikin ice cream... tapi ga jadi2 alias urung, karena bahan2 dari esep yang aku dapat ga dijual di toko2 dekat rumah. Harus ke swalayan dulu untuk membelinya :(
Pas dapat resep ini di Dapur Masak, langsung aja aku praktekkan, tapi karena dapat bahannya sedikit berbeda, jadi ada ukuran yg aku ubah. Ini dia resep Chocolate Ice Cream

Bahan :
2 sct susu bubuk instan coklat (resep asli pakai yg plain)
2 sct SKM coklat (resep asli pakai SKM putih)
4 sdm tepung maizena
1/3 gelas gula pasir (resep asli pakai 1 gls, aku kurangi biar ga terlalu manis)
3 gelas air
1 bks vanili
1/2 sdt garam
1 sdt SP (emulsifier)

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali SP. Rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga meletup2. Angkat.
2. Dinginkan adonan dlm suhu ruang. Setelah dingin, masukkan ke dalam freezer selama 4-6jam hingga membeku.
3.Sementara itu, SP ditim dengan cara rebus air hingga mendidih. Tempatkan SP dalam wadah tahan panas, taruh di atas air yg mendidih tadi hingga SP mencair.
4. Setelah adonan es membeku, keluarkan dari freezer, masukkan SP yg telah mencair tadi ke dalam adonan. Mix adonan dengan kecepatan tinggi selama +/- 45 menit.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan sesuai selera. Masukkan lagi ke dalam freezer. Biarkan hingga membeku kembali.
Ice Cream siap disajikan... :)

TEMPAT TISSUE dari KAIN FLANEL


http://dapurumiroos.blogspot.com/2015/06/tempat-tissue-dari-kain-flanel.html

Beberapa waktu yang lalu saat pulang dari luar kota bareng keluarga, aku merasa ada sesuatu yang hilang. Yaaa tempat tissuenya ga kebawa pulang... :(
Padahal aku cuma punya satu itu aja, dan kebiasaanku kalo beli tissue, sukanya beli tissue gulung coreless (tanpa kertas roll). Jadi ga mungkin kan kalo ga pake tempat, hadeeeh...

Lalu salah satu putriku punya usul," Umi pake toplesku ini aja..." sambil menyodorkan toples kosong bersih, bekas tempat sosis siap makan (qiqiqi...). Waktu kucoba, hmmm... ternyata pas juga buat tempat tissue.
Akhirnya kulobangi bagian tutupnya, biar bisa jadi tempat tissue.


Cuma... kalo polosan, kok jadi kayak toples isi susu bubuk ya... Wah, kudu sedikit dikreasi nich biar keliatan lebih cantik :D
Kubuka koleksi bukuku, dan nemu buku tentang kreasi kain flanel. CLING...!!! Muncul dech ide membuat tempat tissue dari kain flanel.
Tema yang kupilih 'Taman Bunga', bagian atasnya aku pakai kain flanel warna biru, sebagai simbol langit yang cerah. Lihat foto dibawah ini, searah jarum jam yaa...


Bagian pinggir dari kain flanel biru sengaja kubuat lengkung-lengkung, biar terlihat seperti awan (menurut pandangan mataku, wkwkkk...).

Bagian badan toples kubungkus dengan kain flanel warna kuning cerah, melambangkan cerahnya hari di taman bunga.


Setiap beberapa cm sisi toples aku beri lem u*u memanjang dari atas ke bawah, kecuali di bagian atas dan bawah toples, aku beri lem semua biar rapat.

Untuk hiasannya, kubuat 7 lembar bunga dan 14 lembar daun, yang akan dibuat menjadi 7stel bunga, setiap stelnya terdiri dari 1 bunga dan 2 daun.


6 stel bunga dipasang di badan toples, satu lagi untuk hiasan di bagian tutup. Sengaja bunga kupasang selang-seling, sebagian agak ke atas dan sebagian agak ke bawah. Biar ga terlalu penuh di satu sisi, dan kosong di sisi lain. Kemudian di bagian tengah bunga ditempel payet biar lebih keliatan manis.


Liat nich hasilnya... Cantik kan...???
Ehmmm... tapi... kok rasanya ada yang kurang ya... Aaah iya yaaa... rasanya belum dibilang taman bunga kalo ga ada rumput sama sekali ya... Jadi kutambah sedikit rumput di bagian bawahnya. Hanya saja... aku bikin rumputnya terlalu kecil, jadi ga begitu keliatan bentuknya saat dipotret.


Nah... ini dia hasilnya. Memang ga terlalu rapi, tapi lumayan loh..... bisa untuk pemanis meja makan juga. Walaupun meja makan kosong, tapi kalo ada yang manis diliat, ga jadi marah dech yang pada laper, wkwkkk.....

AWUK-AWUK MUTIARA

Saat ada arisan PKK di tetangga sebelah rumahku, salah satu sajiannya makanan ini, awuk-awuk mutiara. Rasanya enak... apalagi aku udah lama banget ga makan awuk-awuk. Pulangnya, aku dibawain banyak makanan ini sama tetanggaku itu. Sempat khawatir juga waktu itu... khawatir ga kemakan :(
Karena jajan pasar ini kan ga tahan lama, sementara aku ga tahu apa anak-anakku suka makanan berbahan dasar sagu mutiara ini. Tapi ketika aku bawa pulang, dan anak-anakku mencicipinya, eeeh... ternyata mereka suka banget :D Bahkan anak ragilku minta, kapan-kapan bikin kayak gini ya mi... Wkwkkk...
Akhirnya aku 'kursus privat' dech sama tetangga, biar aku bisa bikin sendiri :)

Awuk-awuk Mutiara
Awuk-awuk Mutiara
Bahan Awuk-awuk Mutiara :
250 gr sagu mutiara, rendam air kurleb 15 menit, tiriskan
1/2 butir kelapa agak muda, parut panjang
100 ml air
100 gr gula pasir (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
Garam secukupnya
Daun pisang, daun pandan secukupnya

Cara membuat Awuk-awuk Mutiara :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan mutiara yang telah ditiriskan tadi. Aduk-aduk hingga air mendidih kembali. Angkat.
2. Masukkan kelapa parut, gula dan garam ke dalam panci mutiara tadi, aduk hingga rata. Bila ingin lebih nikmat lagi, campurkan juga nangka yang telah dipotong kecil-kecil (bila ada).
3.Ambil daun pisang, beri potongan daun pandan dan 2 sendok makan adonan mutiara. Bungkus bentuk segitiga.
4. Kukus kurleb 30 menit.


Kalo ga ada daun pisang gimana dong? Ga masalah kok... Pake aja cetakan, seperti gambar di atas nich... ini awuk-awuk versi kehabisan daun, wkwkkk... Aku tambahkan sedikit tepung tapioka pada adonan, aduk rata. Jangan lupa ya... sebelum adonan awuk-awuknya dimasukkan ke cetakan, olesi dulu cetakannya dengan minyak goreng, biar ga lengket.
Jadi... kapan bunda sista mau mencoba awuk-awuk mutiara ini...??!

SIRI MANIS

Siri Manis, makanan khas kota Makasar yang bahan dasarnya dari buah sukun. Gampang banget bikinnya, dan yang pasti legiiit...

Bahan :
1 bh sukun matang, kupas kulitnya dan buang bagian tengahnya
1 btr telur
Garam halus secukupnya

Bahan Kinca :
200 gr gula merah
100 ml air

 Cara membuat :
Kinca :potong kecil-kecil gula merah, rebus dengan air sambil diaduk hingga larut. Angkat.
Siri Manis : Potong kecil-kecil buah sukun, kukus hingga empuk. Kemudian dihaluskan saat masih panas. Tambahkan garam. Setelah halus, bentuk bulat pipih, celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas, goreng hingga kekuningan (karena aku ga pengen saat digoreng minyaknya jadi berbuih, jadi aku campurin aja telurnya ke dalam sukun, dan karena ga mau kelamaan bentuk-bentuk, adonan sukunnya aku bentuk pake 2 sendok makan qiqiqi...)
Sajikan siri manis ini dengan kinca.

ROTI zonder TELUR+DIULENI

Kadang kita bingung ya bun... pengen bikin roti, tapi maleees banget kalo mau ngulenin. :(
Tapi resep yang satu ini dijamin ga bikin males dech... Walaupun ga pake telur dan ga diuleni, hasil rotinya tetap empuuuk... Coba dech...

Bahan :
120 ml susu cair
100 ml air
40 gr gula halus
6 gr ragi instan (1/2 bks ragi instan)
260 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr tepung terigu protein sedang
30 gr margarin, dilelehkan
4 gr garam halus

Cara membuat :
1. Tuang susu dan air dalam mangkuk. Masukkan gula halus, aduk hingga gula larut. Taburkan ragi instan pada mangkuk, diamkan kurleb 5 mnt. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga tercampur rata.
2. Ayak tepung terigu dan garam pada mangkuk yang lain. Masukkan campuran susu ke dalam campuran tepung, aduk dengan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal. 
3. Masukkan margarin cair dan aduk lagi hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.
4. Tutup mangkuk dengan serbet, diamkan 20 mnt.
5. Taburi tangan dengan tepung terigu. Kempiskan adonan, balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Diamkan lagi 20 mnt. Ulangi proses fermentesi ini 3x.
6. Setelah 3x fermentasi, adonan bisa disimpan dalam lemari es selama 5-6 jam atau langsung dibentuk dan dioven.
7. Keluarkan adonan dari lemari es, kempiskan. Siapkan loyang yg sudah diolesi margarin. Masukkan sebagian adonan, tata mengikuti loyang. Taburi dengan messes dan keju parut. Tutup dengan sisa adonan. Atau bisa juga dibentuk kecil-kecil seperti foto di atas. Diamkan 15 mnt.
8. Oven hingga matang.

MAKARONI SKOTEL 'CEMPLANG-CEMPLUNG'

Aneh ya namanya qiqiqi...
Memang, aku beri nama makaroni skotel cemplang-cemplung, karena aku ga pakai takaran sama sekali, kakakku bilang pakai ilmu 'KIRALOGI' wkwkkk...
Aku hanya liat kira-kira untuk loyang sebesar ini butuh makaroni seberapa banyak. Bahkan aku merebus makaroninya sampai 2x karena tadinya kupikir makaroni yang aku rebus cukup untuk loyangku, ternyata setelah matang hasilnya kurang banyak. Jadi aku merebus makaroni lagi.

Bahan :
Makaroni, direbus sampai matang, ditiriskan dan diguyur air dingin.
Bawang bombay (aku pakai 1 sg) diiris tipis
Keju, diserut
Wortel (aku pakai 1 bh) diserut
Merica bubuk
Kornet
Gula, garam secukupnya
Kaldu instan secukupnya
Telur (tadinya aku pakai 2 btr, tapi setelah bahan2 masuk, sepertinya kurang jadi aku tambah 1 btr lagi)

Cara membuat :
Aduk semua bahan kecuali makaroni dan sebagian keju parut untuk toppingnya. 
Dicicipi, jika dirasa cukup, masukkan makaroni, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles margarin. Taburi atasnya dengan keju parut.
Oven hingga matang +/-30 menit.

Mudah khan..... :D

SAYUR ASEM-ASEM DAGING

Bahan :
250 gr daging/tetelan sapi, potong dadu
100 gr buncis, potong 1 cm
100 gr putren, potong bulat
100 gr wortel, potong dadu
2 lt air

Bumbu :
7 sg bawang merah, iris tipis
5 sg bawang putih iris tipis
5 bh cabe merah, potong bulat 1cm
5 bh cabe hijau, potong buat 1 cm
4 bh tomat hijau  ukuran sedang, masing2 potong 8 bagian
2 lbr daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
3 sdm kecap manis
1 sdm air asam jawa
Gula, garam secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus daging dan air hingga mendidih.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabe, tomat, salam dan lengkuas, aduk hingga layu.
3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan air asam jawa dan kecap manis. Masak hingga daging empuk.
4. Masukkan sayuran buncis, putren dan wortel. Tambahkan gula dan garam. Masak hingga semua matang.

BURGER TAHU

Kalo BBM naik gini... mesti banyak ibu2 yg mengeluh, apa2 serba naik... bingung ngatur uang biar cukup sampe akhir bulan, qiqiqi...
Sebenarnya sy juga kadang bingung bun... Tapi ahh... enjoy aja dah...
Kalo emang bisanya cuma beli tahu tempe, ya udah beli tahu tempe aja...
Nah... biar anak2 ga bosen lauknya itu2 aja, sy bentuklah yg beda dari biasanya.
Kali ini sy bikin seperti burger, haha...

Bahan :
5 buah tahu ukuran sedang, haluskan
100 gr kornet (atau sesuai selera)
Tepung terigu kurleb 3 sdm
1 btr telur
3 sg bawang putih, haluskan
Gula, garam secukupnya
Bubuk kaldu instan secukupnya

Cara membuat :
1. Aduk semua bahan jadi satu hingga rata.
2. Panaskan wajan teflon datar dengan api kecil. Ambil cetakan bulat, tempatkan di atas wajan teflon datar (sy pake wajan teflon dadar).
3. Beri beberapa tetes minyak goreng dalam setiap cetakan. Bila wajan sudah cukup panas, ambil 1 sdm adonan tahu, taruh ke dalam cetakan sambil dipadatkan. Bila bagian bawah tahu sudah mulai kecoklatan, balik adonan. Masak lagi hingga kedua sisi kecoklatan.

BUBUR KACANG MERAH

Dapat oleh-oleh kacang merah segar... malah kerasa sediiih di hati :(
Gimana ga sedih coba... aku paling ga suka sesuatu itu terbuang percuma... mubadzir. Padahal yang namanya kacang segar kan harus segera dimasak, kalo ngga nanti keburu jadi taoge. Tapi satu rumah ga ada yang suka kacang merah, wew...

Bahan :
1/2kg kacang merah basah, rebus hingga empuk, tiriskan
150 gr gula merah
Gula pasir, garam secukupnya
100 ml air
1 lbr daun pandan

Bahan kuah :
200 ml santan sedang
1 sdt garam

Cara membuat :
1. Blender kacang merah yg telah direbus tadi hingga halus. Tuang ke dalam panci, campurkan semua bahan. Masak hingga kental. Angkat.
2. Di tempat lain, masak bahan kuah dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat.
3. Sajikan bubur bersama kuahnya.